Kalo kamu pikir langit itu biru (cerah penuh awan), kamu hanya melihatnya sedikit. Langit itu pekat dan gelap, dan bagiku indah. Langit itu luas menebas jarak, dan bagiku mengagumkan. E.H

Sunday, October 25, 2015

#Catatan : Senyum

Baru kali ini aku merasa iri sama orang lain.. Irii sekali.. Bukan, bukan karena dia cantik.. Aku merasa tidak perlu iri kepada orang2 cantik.. Sederhana sekali, senyum..

Aku iri pada senyum yang dia punya.. Aku ingin senyum itu, senyum tulus..
Seperti apa yang keluar itu tulus dari dalam hati.. Senyum yang bisa membuat hati keruh jadi jernih.. Senyum yg ketika dia senyum, maka kamu juga ingin senyum..

Ya Allah aku ingin senyum itu.. Senyum yang benar2 membahagiakan orang lain, senyum tulus.. Beri aku kesempatan untuk itu.. Untuk punya itu…
Ketika hati sedih, kesal, marah, masih bisa senyum tulus.. Bukan untuk diri sendiri, tapi untuk orang lain.. *Agar orang2 disekitar kita ikut bahagia dan hangat, tanpa harus tau apa yang sedang terjadi pada diri kita sendiri..

Thursday, October 15, 2015

Allegiant

Okay, postingan ini mengandung spoiler. So, bagi kalian yang belum baca bukunya lebih baik jangan baca postingan ini. Kecuali kalian penasaran. no no crazy rabbit

Source tertera

Friday, September 25, 2015

Ada yg berbahaya ketika kamu berbicara (atau bertingkah). Bukan, bukan pada saat kamu berbicara lalu lawan bicaramu marah karena sakit hati. Tetapi ketika kamu berbicara lalu lawan bicaramu tersenyum menyembunyikan sakit hati. Kenapa? Karena jika dia marah, maka kamu tau ada yg salah dengan ucapanmu, lalu kamu bertaubat. Tapi ketika dia bersikap baik2 saja, kamu tidak akan tau bahwa kamu sudah berbuat kesalahan. Think it before you speak šŸ˜‰ – Read on Path.

Tuesday, September 22, 2015

#Catatan: Baca Quran Sebelum Meninggal

A: teh, kalo baca al quran jadi masuk surga ya?
B: hmm, kalo baca al quran bisa nambah "point"mu, iya..
A: yaudah aku mau langsung baca al quran aja ah.
B: kan masih iqra?
A: nanti kalo keburu meninggal sebelum baca quran gimana? Gak masuk surga dong.
B: kan lagi belajar biar baca quran nya lancar, insya Allah kalau Allah mau, Farhan bisa masuk surga šŸ˜Š


Anak kecil aja inget mati, kita?
-Farhan, kelas 2 SD-

Thursday, September 17, 2015

I hold myself supremely blest -- blest beyond what language can express; because I am my husband's life as fully as he is mine. No woman was ever nearer to her mate than I am: ever more absolutely bone of his bone and flesh of his flesh.

Charlotte Brontƫ, Jane Eyre

Wednesday, September 9, 2015

#Catatan : VergangenheitsbewƤltigung

Vergangenheit = masa lalu; BewƤltigung = mengatasi [hal-hal negatif, tekanan dan sesuatu yang memberatkan, luka mental dan rasa bersalah] *dikutip dari wikipedia*


Atau dalam bahasa Inggris dapat diartikan “Struggle to overcame the [negatives of the] past.”, dengan kata lain berdamai dengan masa lalu.

Otak manusia cenderung lebih sering merekam kenangan-kenangan pahit dan menyakitkan, dan itu masuk ke long term memory. Tidak heran ketika seseorang sedang bertengkar, dia bisa menyebut2an luka lama -yang seharusnya tidak perlu disebutkan- ke kondisi yang sekarang. Menyulitkan, bukan? Dan juga kita bisa bilang orang2 yang mengalami ini sangat menyedihkan. Karena mereka tidak bisa mengontrol rekam kenangan mereka.

Monday, August 31, 2015

#Catatan : Lihat Sekitar

Bagus. Terkadang kita sibuk memperbaiki ini itu di luar sana. Tapi kita lupa di sekitar kita juga ada yang membutuhkan.

Kalau masih belum bisa membenahi anak bangsa yang ada di sekolah2 besar, kesana kemarin masih kesulitan mengajak yang mau diajari mengaji. Kenapa gak mencoba untuk mengajari anak2 di sekitar rumah saja dulu? Semuanya sama baik dan insya Allah menjadi ladang pahala tho?

Dan terkadang anak2 kecil itu lebih antusias untuk belajar, setidaknya itu obat bahagia saat kita merasa “lelah” šŸ˜Š

Wednesday, August 26, 2015

#Catatan : Namanya Farhan

“ Shalat mereka di sekitar Baitullah itu, tidak lain hanyalah siulan dan tepukan tangan… ” (Al-Anfal: 35)

Malam ini ada yang hafalannya lancar, terus Farhan bilang “tepuk tangan!”
Aku jawab, “gak boleh tepuk tangan di masjid yah”
Kemudian Farhan buru-buru keluar mushala, tepuk tangan di luar.

Ahaha, dasar anak-anak.. Kalian selalu bergembira ya, gak pernah sedih šŸ˜

Wednesday, August 19, 2015

Memaafkan -- itu bukan tentang orang lain, tapi tentang dirimu sendiri. Bukankah lebih mudah jika hatimu lapang? Menyimpan dendam terlalu lama hanya menunggu semuanya meledak. Tidak terbayang bukan, seseorang yg berhati sempit ketika melihat orang2 yg tidak disukainya akan mengkerut dan kemudian membenci keadaan "kenapa harus bertemu dia" misalkan. Padahal dunia ini kecil -tentu kita bisa berjumpa dengan orang yg kita kenali tanpa diduga-, bukan? Dan itu akan semakin menyedihkan bagi orang2 berhati sempit. Well, di dalam Al-Quran pun tdk ada perintah meminta maaf, hanya ada kata "me-maafkan".. Semoga hati kita bisa seluas langit yang memesona~ šŸ˜‡ – Read on Path.

Wednesday, August 12, 2015

#Catatan : Menjaga

Menilik kembali tentang bahaya hasad -yang sebelumnya pernah dibahas- bahwa semuanya tentang menjaga hati. Menjaga hati dari rasa iri, iri dengan rizki yang Allah berikan kepada orang lain; dan menjaga hati orang lain agar mereka tidak hasad kepada kita *yang akan kita bahas kali ini*.

Sosial media nampaknya menjadi sasaran empuk bagi orang2 yang ingin “pamer” kebahagiaan. Maaf mungkin aku juga bbrpa waktu ini sering “pamer” kebahagiaan di instagram, path yang tanpa sengaja mungkin bisa menimbulkan hasad orang lain. Seperti misalnya: pamer udah nikah nih, kemudian foto2 banyak diupload, dan tanpa sadar mungkin orang lain yg sedang menanti jodoh juga liat, terus ada perasaan “aku juga pengen nikah, tapi jodoh aku belum dateng”, dan bahayanya kalo mereka udah ke tahap gak suka liat foto2nya. Ya Tuhaan, jahat banget ya aku? Maafin banget ya semuaaa šŸ˜­

Friday, July 31, 2015

#Catatan : Antara taubat dan syukur

Mana yang lebih dulu?? taubat dulu atau syukur dulu?

Terkadang ketika kita bahagia banget, kita bersyukur atas apa yang dikaruniakan Allah.. Tapi kita lupa, kalo kita juga perlu meng-instighfari proses2 yang kita lakukan untuk mendapatkan kebahagiaan itu. Siapa tau ada proses yang salah, yang keluar dari syariat, yang bikin Allah marah *astaghfirullah*

Sejatinya sih yang perlu kita lakukan adalah bertasbih, memuji dan mengagungkan Allah, bahwa segala yang terjadi adalah atas kehendak Allah.. Kemudian bertaubat, ber-istighfar barangkali ada proses yang salah, ada yang tersakiti, atau yang Allah tidak sukai.. Baru kita bersyukur, untuk semua kebahagiaan yang Allah berikan.

Jadi ber-istighfar bukan hanya ketika kita ingat kita punya salah, ketika berhasil pun perlu ber-istighfar~

Thursday, July 30, 2015

#Catatan : Beda Ujian dan Adzab

“Sekolah aja kagak, ngapain ikut ujian?”


nah kan, sekarang shalat aja masih suka dinanti2, puasa cuma nahan haus sama laper doang, gak suka sedekah, jutek banget kalo ketemu orang, senengnya musuh2an mutusin silaturahmi. Giliran dapet kesulitan dia bilang “aku lagi diuji nih”, “sekolah” aja ngga cuy..

apa bedanya ujian dan adzab? Ujian itu waktunya sebentar dan kita merasa ringan menjalaninya, sedangkan Adzab itu waktunya lama dan kita merasa berat menjalaninya. Gitu kata ustad Yusuf Mansur..

Wednesday, July 29, 2015

#Catatan : Pujian dan Hinaan

Kalo kamu bisa anggap gombal pujian dari orang lain, kenapa kamu gak bisa anggap omong kosong hinaan dari orang lain? ✌

Pujian maupun hinaan, keduanya sama2 gelombang yang bergetar di udara, terus masuk ke kuping *atau kalo jaman sekarang juga bisa dibilang: “sama2 text, terus diliat mata” gitu*.. Sama, kan?

Jadi, gak usah bangga kalo dipuji orang, you are not the best one šŸ˜ƒ .. Dan kamu juga gak harus meratap sedih karena dihina orang, kamu gak seburuk itu..

Dipuji, istighfari.. Siapa tau karena dipuji kita jadi punya secuil kesombongan *yg gak kerasa*
Dihina, syukuri.. Siapa tau ternyata kita lebih hina dari yang mereka bilang, kan jadinya pujian #eh *maap, becanda*

Yang jelas, not to worry about people judging, dan stop tu idung terbang gara2 dibilang “iih keren bgt, ih cantik, ih bagus, ih ini ih itu” takut jadi dosa šŸ˜¢

Note for my self~

Daisypath - Our Anniversary

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

Tuesday, July 28, 2015

Sajak Kecil Tentang Cinta

Mencintai angin harus menjadi siut...
Mencintai air harus menjadi ricik...
Mencintai gunung harus menjadi terjal...
Mencintai api harus menjadi jilat...
Mencintai cakrawala harus menebas jarak...

MencintaiMu harus menjadi aku


Sapardi Djoko Damono

Wednesday, July 15, 2015

#CatatanRamadhan: Bahaya Hasad

Hasad itu lebih berbahaya dari bakhi. Kenapa? Karena bakhi hanya berhenti pada ia tidak mau berbagi karunia yang ia punya kepada orang lain. Sedangkan hasad bisa menyebabkan seseorang itu menghentikan karunia yang Allah berikan kepada orang lain.
Hasad itu merupakan penyakit hati yang menjangkiti hampir seluruh manusia kecuali sedikit orang yang terbebas dari penyakit hasad. Sebagaimana penyakit lainnya, jika hasad ini dibiarkan maka itu bisa menjadi semakin parah. Seperti qabil yang membunuh adiknya habil, akibat hasad yang dibiarkan berkembang di dalam hati.

Friday, July 10, 2015

#CatatanRamadhan: Meninggalkan Al - Quran



(QS. Al- Furqan [25]: 30) Dan Rasul (Muhammad) berkata, "Ya Tuhanku, sesungguhnya kaumku telah menjadikan Al Quran ini diabaikan.”

Diabaikan dengan apa? Dengan syair-syair, dengan tontonan, dengan musik, dengan buku-buku lain, dengan gadget (?), dengan games, dll.

Ya Rabb, semoga kita menjadi bagian dari yang sedikit, yang tetap membaca Al - Quran, yang mendalami Al - Quran, yang mengamalkan Al - Quran... aamiin~

Thursday, July 2, 2015

#CatatanPernikahan: Love Without God Is Pain

Cinta karena Allah akan membawa kebahagiaan. Jika cintamu membawa penderitaan, lihat lagi karena apa dan karena siapa kamu jatuh cinta :)

Ketika menghadapi suatu ujian, ia tidak akan mengeluh, tidak akan mencaci takdir, ia tidak akan menangisi terus menerus apa yang sudah dan sedang terjadi, ia tau bahwa Allah sedang menguji, maka hatinya tenang.

Ketika mendapatkan kebahagiaan, ia bersyukur, ia tau bahwa apa yang ia dapatkan semuanya dari Allah. *Semoga Allah menambahkan yang Dia karuniakan kepada mereka yang bersyukur.

"Sesungguhnya Allah SWT pada hari kiamat berfirman : Dimanakah orang yang cinta mencintai karena keagungan-Ku? Pada hari ini Aku akan menaungi dengan naungan-Ku dihari yang tiada naungan melainkan naungan-Ku." (H.R. Muslim)

Tuesday, June 30, 2015

#CatatanPernikahan: Bukan Sekedar Cinta

Kebanyakan orang mungkin menikah karena cinta, tapi sayangnya dunia ini fana. Ayah, ibu, suami, istri, anak, saudara pasti akan meninggal dunia suatu hari nanti, tidak ada yang abadi di sini.

Menikahlah untuk tujuan yang kekal, menikahlah untuk kembali di Jannah-Nya yang abadi. Saling mencintailah untuk mengharap kasih sayang Allah. Bersyukurlah untuk terus mendapat karunia-Nya. Bersabarlah untuk setiap kesalahan yang menjadikannya manusia. Saling mengingatkanlah dalam kebaikan, agar mendapatkan ke-ridho-an Allah..

Periksa kembali hati kita, jangan sampai kita menikah karena teman-teman kita sudah menikah, atau bahkan yang disukai nikah duluan :p

Jodoh itu bukan hanya perihal orangnya, tapi waktu dan tempatnya juga berjodoh. Jadi gak ada istilah nikah muda, telat nikah, dll.. Keep believe and shining :D

Monday, June 29, 2015

#CatatanRamadhan: Memaafkan

[Ali Imran : 133-135]

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menukai orang-orang yang berbuat kebajikan.

Dan juga orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.

Wednesday, June 3, 2015

Science is fun. Science is curiosity. We all have natural curiosity. Science is a process of investigating. It’s posing questions and coming up with a method. It’s delving in.

Sally Ride (via wordsnquotes)

Thursday, May 21, 2015

Design undangan :3

Tadinya pengen yang ini biar kayak design undangan di Twilight lol banget

 

hehe *gak mirip yah, cuma fontnya aja yang sama

Friday, May 1, 2015

Ya Rabb, Engkaulah alasan semua kehidupan ini. Engkaulah penjelasan atas semua kehidupan ini. Perasaan itu datang dariMu. Semua perasaan itu juga akan kembali kepadaMu. Kami hanya menerima titipan. Dan semua itu ada sungguh karenaMu.. Katakanlah wahai semua pecinta di dunia. Katakanlah ikrar cinta itu hanya karenaNya. Katakanlah semua kerinduan itu hanya karena Allah. Katakanlah semua getar-rasa itu hanya karena Allah. Dan semoga Allah yang maha mencinta, yang menciptakan dunia dengan kasih sayang mengajarkan kita tentang cinta sejati.. Semoga Allah memberikan kesempatan kepada kita untuk merasakan hakikatnya.. Semoga Allah sungguh memberikan kesempatan kepada kita untuk memandang wajahNya. Wajah yang akan membuat semua cinta dunia layu bagai kecambah yang tidak pernah tumbuh. Layu bagai api yang tidak pernah panas membakar. Layu bagai sebongkah es yang tidak membeku.. __Hafalan Shalat Delisa with Dewi – Read on Path.

Friday, January 23, 2015

Cara Mengajarkan Anak Menghafal Al Qur'an Sejak Dini

1. Bayi (0-2 tahun)

-Bacakan Al Qur'an dari surat Al fatihah
-Tiap hari 4 kali waktu (pagi, siang, sore, malam)
-Tiap 1 waktu satu surat diulang 3x
-Setelah hari ke-5 ganti surat An Naas dengan metode yang sama
-Tiap 1 waktu surat yg lain-lain diulang 1x2

2. Diatas 2 tahun
-Metode sama denga teknik pengajaran bayi. Jika kemampuan mengucapkan kurang, maka tambah waktu menghafalnya, mis dari 5 hari menjadi 7 hari
-Sering dengarkan murattal
Large Grey Polka Dot Pointer